Senin, 07 Oktober 2013

Makro "agak" Ekstrim ala Pocket

Kamera saku sekarang ini, kebanyakan sudah dilengkapi fasilitas makro yang lumayan memadai. Bahkan ada beberapa kamera yag "mampu" memberi jarak fokus terdekat sekitar 2 cm.Untuk mengambil foto makro sudah didapat perbesaran yang lumayan.

Akan tetapi kalau kita berkeinginan untuk "lebih" menambah perbesaran atau berkeingina main makro agak ekstrim, mau tidak mau kita harus menambah aksesoris berupa lensa tambahan di depan lensa yanga "hanya" built lens yang tidak bisa diganti-ganti seperti di kamera SLR.

Dan sekarang pun, sudah banyak yang menjual aksesoris tersebut baik untuk kamera saku maupun ponsel. Akan tetapi disamping mahal, terkadang juga masih perlu sedikit "diakali bin dioprek" agar terpasang dengan pas di kamera kita.

Berikut akan saya sharing, akal-akalan yang sebenernya sudah saya lakukan sejak tahun 2009 lalu, untuk mengoprek Powershot A570is saya yang hanya memberi jarak fokus terdekat sekitar 10 cm, di Focal Lens (FL) terlebar yaitu 6 mm dan mempunyai optical zoom 4x.

Peralatan
Banyak alat yang bisa digabungkan dengan kamera saku agar terjadi penambahan pembesaran. Mulai dari kaca pembesar, filter close up, optik DVD, copotan lensa kamera saku, lensa fix 50 atau 35 mm yang dibalik, dan juga copotan lensa binokuler.
Dari beberapa percobaan, yang lumayan memberi perbesaran cukupo ekstrim adalah lensa binokuler (lensa yang kecil).
Penampakan lensa binokuler
Lensa 1 itulah yang memberi pembesaran lebih, sedang lensa 2, kadar pembesarannya kurang lebih sama dengan kaca pembesar.
  

Penampakan kamera saku A570is

Setelah dibongkar dari binokuler, akan di dapat lensa dengan diameter sekitar 1,5 cm.
Tinggal mencari adapter untuk memasangkan copotan lensa binokuler tersebut ke kamera. Bisa dengan paralon, lonsong kertas, dll. Kebetulan saya nemu wadah bekas lem kaca, yang berdiameter sama dengan ring lensa A570is.
Wadah dipotong sedikit lebih panjang dari pada panjang lensa kamera saku ketika membuka.
Seperti di bawah ini, penampakan semua alat yang tinggal dirangkai.

komponen oprek
Keterangan foto :
No. 1 adalah ring dari A570is yang bisa dilepas

No. 2 dan No 3 adalah copotan lensa binokuler yang sudah terpasang di bekas wadah lem kaca.
No. 4 adalah diffuser internal flash dari kamera saku (akan dibahas tersendiri di catatan selanjutnya, insya Allah)..

Setelah siap, No. 1 disambung dengan no 2 & 3 (saya hanya memakai selotif kertas)
Seperti ini :


Setelah itu, hasil dari penyambungan, tinggal kita pasang kembali di kamera. Ditambah dengan diffuser flash, maka tambah gantenglah senjata kita. Dan siap diajak nungging di semak-semak..
Selamat bersenang-senang kawan....
Tetap berkarya dan gembira.





Catatan:
- DOF akan super duper tipis, meski bukaan maksimal di f8
- Auto fokus tidak berfungsi, diganti dengan maju mundur fokusing alias kita harus maju atau mundur agar mendaptakan fokus yang pas.
- Jadi akan membutuhkan waktu, agar terbiasa mendapatkan fokus..
- Sedikit getaran juga akan membuat miss fokus, jadi belajar memegang kamera dengan steady sangat diperlukan, kalau perlu sarapan dulu sebelum nyemak, sehingga tidak menambah gemetaran tangan karena lapar. :)
- Kalau perlu memakai tripot (tetapi saya tidak suka karena sangat repot dan ribet).

tanpa diffuser

lengkap dengan DIY diffuser



Perbandingan

Hasil A570is di mode makro, tanpa dikasih apapun
A570is + copotan lensa binokuler (no crop)

Contoh Hasil
facet kepik

facet capung jarum

laba-laba


1 komentar:

  1. wah keren mas... saya pengen coba nih... saya sudah pernah bikin pake lensa bongkaran DVD-RW... kalau dapet bahannya pengen juga coba yang ini... hehehe

    BalasHapus