Jumat, 27 September 2013

Multi Exposure ala Pocketography

Pas buka-buka file lama, nemu file-file Februri tahun  2009, tentang percobaan multi exposure atau tepatnya double exposure di pocketku tercinta, Powershot A570is. Akhirnya pengin berbagi tentang teknik itu...


Teknik memotret dengan gaya multiple exposure bukan barang baru, bahkan sudah didalami sejak zaman film. Teknik ini biasa digunakan untuk dua atau lebih adegan gerak ataupun diam dalam sebuah frame. Tujuannya tidak lain supaya gambar terlihat lebih dramatis dan dinamis.

Di dalam jaman film dulu, salah caranya adalah dengan mengexposure 1 frame film sebanyak 2 (dua) kali. Terdapat tumpukan 2 image yang membentuk satu image baru.
Atau bisa juga dengan teknik bulb. Kamera disetting di bulb, diexposure 2 kali atau lebih dengan bantuan cahaya flash.

Di jaman serba digital ini, teknik itu sangat bisa dilakukan di kamera DSLR tipe tertentu, karena ada fasilitas menu untuk itu. Image mau ditumpuk 2 sampai dengan 10 bisa..
Cara lain, adalah dengan olah digital, di photoshop misalnya. Dengan cara menumpuk 2 atau lebih image dan menghasilkan image baru.

Penasaran dengan teknik itu, bisakah dilakukan di pocket, akhirnya main akal-akalan. Karena gak punya dan kuat mbayar model, maka narsis lah daku tiada tara...
Let's doit guys, mari kita coba, meski sederhana...
Hidup narsis...
Hidup pocket...
hahahahahaha...

jreng-jreng...

 

sudah mulai berubah
mulai misah..

aha.... daku jadi 2

akhirnya mejeng dengan anak mbarep

Karena keterbatasan menu di pocket, makanya cara yang digunakan adalah menggunakan teknik bulb untuk menciptakan multi exposure tersebut..


Berikut cara yang saya gunakan :

- Siapkan kamera dan taruh diatas tripot.
Hal ini mutlak, karena kamera kita setting manual, dengan speed terendah yang dimiliki kamera (di A570is ada di 15 detik) dan f 8 dengan ISO 80 (serendah mungkin untuk menghindari noise dan over exposure)..

- Siapkan eksternal flash
Flash digunakan untuk mengexposure image, kalo bisa/ada flash yang recyling time-nya cepet, sehingga dalam hitungan speed terbuka (15 detik tadi) kita bisa mengexposure/menembak flash lebih dari 2 (dua) kali.
Jangan lupa, flashkita pasang diffuser, supaya cahaya yang didapat nantinya akan lembut... Ingat, flash kita taruh di deket kita mau mejeng nantinya.

- Setelah semua siap, kamera dan flash on, kita set kamera kita di self timer (karena kita yang motret juga kita jadi model...) dan kita pre focus di tempat kita akan mejeng nanti... Juga di komposisi, kira-kira kita mau bergerak kemana.. Yach, main kira-kira saja.... :)

- Siap, pencet setengah dan gooo.... Kita di posisi, kita tembak flash yg pertama....
Segera pindah posisi dan gaya lalu kita tembak flash yang kedua...

- Selamat bersenang- senang kawan...

- Tetap berkarya dan gembira....



2 komentar: